29.6 C
Pekalongan
Kamis, Mei 13, 2021

Terminal Pekalongan Sediakan Pemeriksaan GeNose Gratis

Must read

SURYANEWS.ID – KOTA PEKALONGAN – Sebagai upaya antisipasi pencegahan dan penyebaran Covid-19, Terminal Tipe A Pekalongan menyediakan sebuah layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan alat GeNose secara gratis bagi penumpang ataupun pemudik dari luar kota yang turun di Terminal Tipe A Pekalongan. 

Koordinator Terminal Tipe A Pekalongan, Budianto mengungkapkan bahwa Tes GeNose yang disediakan di Terminal Tipe A Pekalongan ini tidak dipungut biaya alias gratis bagi pemudik luar daerah yang akan memasuki wilayah Kota Pekalongan  melalui terminal. Namun, ketersedian tes GeNose ini cukup terbatas, hanya tersedia 10 kantong GeNose per harinya.

“Alat GeNose ini kami terima atas bantuan dari Kementerian Perhubungan RI sesuai instruksi adanya SE Satgas Nomor 13 Tahun 2021, larangan mudik Lebaran yang diperpanjang mulai 22 April-24 Mei 2021 mendatang. Pemeriksaan GeNose di Terminal Tipe A Pekalongan ini sudah dimulai sejak tanggal 19 April lalu dengan jumlah kuota kantong GeNose yang kami terima sebanyak 300 kantong GeNose yang diperuntukkan bagi penumpang yang turun maupun kru bus secara acak dan layanan ini gratis atau tidak dipungut biaya apapun. Hal ini untuk memastikan bahwa penumpang yang turun dan kru bus  aman dari paparan Covid-19,” terangnya saat dikonfirmasi di Posko Pemeriksaan Terminal Tipe A Pekalongan,Kamis(29/4/2021).

Budi menyebutkan sejak disediakannya layanan GeNose ini di Terminal Tipe A Pekalongan  per tanggal 19 April hingga siang hari ini (29/4/2021), petugas telah memeriksa sebanyak 116 sampel pemeriksaan GeNose dari penumpang maupun kru bus. Dari 116 sampel pemeriksaan tersebut, diketahui ada 3 orang penumpang dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan sisanya 106 sampel dinyatakan negatif atau bebas Covid-19. Lebih lanjut, Budi menjelaskan, bagi 3 orang penumpang yang terpapar tersebut, pihaknya telah melakukan penanganan dengan berkoordinasi bersama Satgas Covid-19 Kota Pekalongan untuk melakukan langkah tindaklanjutnya diantaranya penumpang tersebut diminta untuk melakukan isolasi mandiri, dan melakukan pemeriksaan lanjutan ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat dan tetap menjaga diri dan patuh protokol kesehatan agar tidak menularkan kepada keluarga maupun orang lain disekitarnya.

“Dari 300 kantong GeNose yang kami terima ini,kami di deadline dari pusat layanan ini sampai tanggal 17 Mei 2021 mendatang dengan kuota 10 orang yang diperiksa secara acak setiap harinya. Selain pemeriksaan GeNose, di Terminal Tipe A Pekalongan juga telah ditunjang dengan sarana dan prasarana protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang memadai diantaranya fasilitas cuci tangan pakai sabun, menyiapkan petugas pemeriksaan yang akan mengecek suhu tubuh setiap penumpang atau kru bus menggunakan alat thermogun, penyemprotan disinfektan secara berkala di setiap armada bus, petugas juga rutin mengingatkan dan memberikan informasi menggunakan pengeras suara untuk senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan secara ketat, dan sebagainya,”tandasnya. (Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article